Entri Populer

Selasa, 06 Desember 2011

AUTO CAD MATERI


BAB 1
PENGENALAN AUTO CAD
1.1. Pendahuluan
Auto CAD adalah sebuah program Computer Aided Design untuk membuat gambar dua dan tiga dimensi dengan ketepatan yang tinggi. Pemakaian Auto CAD dalam dunia keteknikan sangat banyak dipergunakan terutama teknik sipil, teknik arsitektur dan teknik inesin. Berikut ini diperkenalkan tentang AutoCAD 2004 mulai dan pengenalan layar sampai mampu menggambar objek dua dirnensi mahir dan tiga dimensi dasar.

1.2. Layar Auto CAD terdiri dari:
a. Layar Gambar
Bagian layar gambar ini adalah tempat untuk menggarnbar dan Auto CAD menampilkan cursor. Di daerah ini, cursor dapat digerak-gerakkan lewat pointing device  atau mouse.
b. Command Line/ Prompt
Command line  promp yaitu tempat untuk memasukkan perintah-pcrintah lewat keyboard. Kemudian Auto CAD menampilkan prompt untuk dipilih dan keterangan-keterangan lainnya. Command line berada di sebelah bawah-kiri layar Auto CAD.
c. Status Line
Status lineletaknya di sebelah atas layar gambar. Bagian ini dapat menampilkan keterangan-keterangan tentang nama layar, koordinat dan keberadaan cursor dan lain-lain.
d. Pull-Down Menu
Bagian ini berada di sebelah atas layar gambar. Jika kita ingin menggambar sualu objek, maka kita meng-klik Pull - Down Menu kemudian pilih salah satu objek yang hendak digambar (misalnya menggambar garis, maka klik line)
e. Cursor Menu
Menu ini akan tampil di layar gambar ( di mana saja dan layar gambar) bila kita klik tombol mouse sebelah kanar.

1.3. Memberikan Perintah pada Auto CAD
Ada beberapa cara unluk memberikan penintah padaAuto CAD:
a. Mengetikkan perintah di command line (di sebelah kiri-bawah layar)
ü  Command :  line <enter>
Specify first point:  (tentukan titik awal garis ) <enter>
Specify next point or [undo]:(tentukan titik kedua garis) <enter>


   




b. Perintah lewat Pull-Down Menu
Pull - Down menu ada di sebelah alas layar gambar, yaitu ternpatnya sama dengan status line. Bila cursor digeser ke atas hingga masuk ke dalarn daerah status line, akan tampil menunya, dan cursor berubah menjadi anak panah.

c. Menu Berbentuk Icon
Ada perintah yang menampilkan icon. Bila salah satu icon ini dipilih akan menghasilkan gambar sesuai dengan bentuk gambar di icon yang dipilih.

1.4. Sistem Koordinat (SK)
Sistem koordinat dalam penggambaran 2 dimensi yang digunakan adalah
• Koordinat absolut X, Y contoh 1,3
• Koordinat polar contoh: @3<0, @4<45
• Koordinat relative:  @X, Y; contoh @3, 2
Contoh penggunaan sistem koordinat
Command: line
Specify first Point: 1,1 (enter)
Specify next point or 1[undo]: @3<0 (enter)
Specify next point or [Undo]: @4<90 (enter)
Specify next point or [Closed/undo]: @2,3 (enter)
Specify next point or [Closed/Undo]: @1 <45 (enter)
Npecify next point or [Closed/Undo]: (enter) jika penggambaran garis selesai

Latihan

BAB 2
MEMULAI MENGGAMBAR DENGAN AUTOCAD

Pada AutoCAD, pertama sekaliyang harus diperhatkan sebelum menggambar adalah:
2.1. Units
Pcrintah units dgunakan untuk mengatur tipe dan text ukuran, baik ukuran dalam arah panjang maupun ukuran dalam bentuk sudut, juga menentukan banyak angka di belakang koma (desmial) dan memilih satuan yang digunakan (apakah mm, cm dan yang lainnya)
ü  Command : Units (enter) muncul kotak dialog Drawing Units (tentukan pilihan)

2.2. Limits
Limits digunakan untuk menentukan batas—batas menggambar di layar (ukuran kertas)
ü  Command: Limits(enter)
Reset Model space limits
      Specify lower left corner or [ON/OFT] <0.0000,0.0000>: enter  (batas bawah-kiri kertas)
      Specify upper right corner <420.0000,2970000>: 210,297 (A4) (batas atas-kanan kertas)

2.3. Ukuran kertas gambar
Ukuran kertas gambar dapat dipilih dari tabel 2.1 Berikut

2.4. Grid, Snap Grid, Ortho
a. Grid (F7)
Perintah Grid menampilkan pola berbentuk titik—titik (dots) di layar gambar Jarak antara grid dapat ditentukan sesuat dengan yang kita inginkan. Pola grid ini ditampilkan hanya di daerah limits saja.
ü  Command: grid (enter)
      Grid spacing (X) or On/Off/Snap/Aspect <0,0000>: tentukan jarak grid (dots)


b. Snap grid (F9)
Cross-hairs di dayar dapat digerakkan atau digeser dengan hebas. Tetapi jika kita ingin menempatkan pada sualu titik/ tempal dengan tepat, terasa sulit sekali. Hal ini dapat diatasi dengan perintah snap, sedemikian rupa cross-hairs dapat digerakan secara tersentak-sentak pada jarak tertentu dan teratur dalam arah tegak maupun datar. Gerakan semacam ini disebut snap grid. Perintah Snap Grid adalah untuk gerakan-gerakan dan cross-hairs.
ü  Command: snap(enter)
      Specifi Snap spacing or (On/Off/Aspect/Rotate/Style/Type]< 10.0000>: tentukan jarak gerakan-gerakan grid (enter)

c. Perintah ortho (F8)
Bila kita ingin menggambar garis hanya mengarah datar dan tegak saja, gunakan perintah Ortho. Perintah ini berguna kalau kita menggambar bentuk-bentuk persegi, Pertemuan antara garis saling tegak lurus.
ü  Command:  ortho (enter)
      Enter Mode [On/Off] <OFF>: On (enter) mengaktifkan garis dalam arah datar atau tegak

2.5. Tampilan gambar
Pengaturan tampilan layar dilakukan dengan perintah sebagai berikut.
a. Zoom
Perintah zoom benfungsi seperti lensa sebuah kamera yang dapat membuat pandangan suatu obyek diperbesar atau diperkecil.
ü  Command : zoom (enter)
      Specify corner of window, enter a scale factor ( nX or nXP ), r
      [All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window] (real time>: pilih jenis pen-zoom-an yang diinginkan (enter)
b. Redraw
Perintah redraw adalah : untuk mernbersihkan layar gambar dari bintik-bintik berbentuk tanda silang kecil-kecil yang timbul di layar bila anda memilih entity dengan mouse.
Bentuk umum perintah redraw:
ü  Command: Redraw (enter)
c. Regen
Perintah  regen adalah untuk memperbaharui gambar di layar gambar, jika hasil gambar yang ditampilkan oleh perintah redraw masih belum memuaskan, maka perinta regen memberikan hasil gambar yang lebih akurat di layar gambar.
ü  Command: regen (enter)

d. Pan
Bila sebagian gambar berada di luar maka gunakan Pan untuk menggeser gambar tersebut agan masuk ke dalam layar gambar. Perintah ini dapat menggeser gambar ke arah kiri atau kanan layar, ke arah atas atau bawah layar dengan rncnggunakan mouse.
ü  Command: Pan (enter)

BAB 3
MENGGAMBAR OBJEK

3.1. Perintah Line
Bagian utama dari sebuah gambar ialah terdiri dan garis. Perintah untuk menggambar garis ialah “line’’. Swbuah garis sebenarnya terbentuk antara dua titik yang saling dihubungkan. Berarti kalau ada serangkaian garis tentunya ada beberapa titik yang saling dihubung-hubungkan.
ü  Command: Line
Line Specify firsi point: klik TK(1 (sembarang tempat)
Specify next point or [ undo]: @10<30 (enter)
Specify next point or [ undo]: @30< 120 (enter)
Specify next point or [ undo/Closed]: @40<210 (enter)
Specify next point or [undo/Closed]: C (enter)
3.2. Perintah Circle
Perintah circle digunakan untuk menggambar lingkaran. Masing-masing pilihan selalu memberikan prompt mengenai penempatan lingkaran, yaitu lewat titik pusat atau titik-titik lainnya yang terletak di lingkarannya sendiri.

·         Lingkaran dengan option radius
ü  Command: circle (enter)
      Specify center point for circle or [3p/2p/Ttr (tan tan radius)]: (Klik sembarang tempat)
      Specify radius of circle or [Diameter]: 20 (enter) (lihat Cambar 3.2a)

·         Lingkaran dengan option diameter
ü  Command: circle (enter)
      Specify center point for circle or [3p/2p/Ttr (tan tan radius)]: (Klik sembarang tempat)
      Specify  radius of circle or [Diameter] <20.0000>: D (enter)
      Specify diameter of circle <40.0000>: 30 (enter) (lihat Gambar 3.2b)
·         Lingkaran dengan option 2P
ü  command: circle (enter)
      Specify center point for circle or [3p/2p/Ttr (tan tan radius)]: 2P (enter)
      Specify  first end point of circle’s diameter: Klik TK1
      Specify firs and poin of circle’s diameter: Klik TK2 (lihat gambar 3.3

·         Lingkaran dengan option 3P
ü  Command: circle (enter)
Specify center point for circle or [3p/2p/Ttr (tan tan radius)]: 3P
Specify firs point on cercle: Klik TK1
Specify second point on circle: Klik TK2
Specify third point on circle: Klik TK3 (lihat Gamba 3.4)
·         Lingkaran dengan option TTR
ü  Command: circle (enter)
      Specify center point for circle or [3p/2p/Ttr (tan tan radius)]: TTR
      Specify firs point on object for first tangent of circle: Klik TK I
      Specify point on object for  second tangent of circle: Klik TK2
      Specify radius of circle : 12 (enter) (lihat Gambar3.5)

·         Lingkaran dengan option Tan,Tan,Tan (dan Pull Down Menu — Draw — Circle)
ü  command:
_circle Specify center point for circle or [3p/2p/Ftr (tabn tan radius)]: _3 specify first point on circle:
_tan to Klik TK1
      specify second point on circle: _tan to: Kilk TK2
      specify third point on circle: _an to: Klik TK3 (lihat Gambar 3.6)

3.3. Perintah Arc (membuat busur)
      Perintah Arc digunakan untuk menggambar busur. Busur merupakan bagian dari sebuah lingkaran dan banyak cara untuk membuatnya. Di sini hanya beberapa cara saja yang digunakan untuk menggambar busur. Penggambaran busur dapat juga dilakukan dan Pull Down Menu.
ü  Pull-down-menu: Draw – Arc
Gambar 3 7 Menu Pull-Down Menu Arc
·         Busur dengna option 3-Point
ü  coimmand: arc (enter)
      Specify start point of arc or [Center] : Klik TKI (sembarang tempat)
      Specify second point of arc or [Center/End]: Klik TK2
      Specify end point of arc: Klik TK3 (lihat Cambar 3.8)
·          Busur dengan option Start, End, Radius (S,E,R)
      Dari Pull-Down menu Arc pilib Start—End—Radius
ü  Command: arc (enter)
      Specify start point of arc or [Center]: KIik TKI
      Specify end loint of arc: Klik TK2
      Specify radius of Arc : 10 (enter) (lihat Gambar 3.9)

3.4. Perintag Rectangle
      Perintah Ractangle digunakatn untuk membuat bentuk persegi empat, yaitu dengan menempatkan suatu titik dan titik lainnya dalam arah diagonal.
ü  Command: rectangle (enter)

Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: KIikTK I (sembarang tempat)
      Specify other corner point: KIik TK2 (lihat Gambar 3.10)


                        Gambar 3.10 Rectanguler                    Gambar 3.11 Rectanguler dengan ukurannya
ü  Command: rectangle (enter)
      Specify first corner point or [Chamfer/Elcvation/thickness/Width]: KIik TKl
      Specify other corner point: @20,30 (enter) (lihat Gambar 3.11)
     
3.5. Perintah Doughnut (Donut)
Pcrintah doughnut atau donut digunakan untuk membuat lingkaran dengan garis keliling lingkaran yang telah, atau membuat lingkaran yang solid.
ü  Command: donut (enter)
Specify inside diameter of donut <10.000>: 20 (tentukan diameter datam donut)
Specify outside inside diameter of donut <20.000>: 30 (tentukan diameter luar donut)
      Specify center of donut: KIik TK1(tentukan pusat donut) (lihat Gambar 3.12)
3.6. Perintah Polygon
Pada umumnya bentuk polygon adalah bentuk geometrik yang tcrtutup yang terdiri dun beherapa sisi dan sudut yang santa. AutoCAD dapat membuat polygon minimum 3 sisi dun miksimum 1024 sisi. Seimakin banyak sisinya, polygon ini tampak seperti; lingkaran.

·         Membuat polygon berdasarkan letak titik pusat dan di dalam lingkaran (Inscribed).
ü  Command: polygon (enter)
Enter number of sides<4>: 6 (tentukan banyak sisi yang diinginkan)
Specify center of polygon or Edge): Klik TM1 (tentukan pusat poligon)
Enter an option [inscribed in circle/ Circumscribed about circle <l>: I (pilih I)

      Specify radius of circle: 20 (tentukan jari—jar Iingkaran luar poligon) (lihat gambar 3.13a)
                        Gambar 3.13 Polygon dengan option Inscribed, Circumscribed, dan Edge
·         Membuat polygon berdasrkan letak titik pusat, di luar lingkaran (Circumscribed)
ü   Command: polygon (enter)
      Enter number of sides <4>: 6 teintukan banyak sisi yang diinginkan
      Specily center of polygon or [Edge]: Klik TK1 (tentukan pusat poligon)
      Enter an option [inscribed in circle/ Circumscribed about circle]<I>: C (pilili C)
      Specify radius of circle: 20 (tentukan jari-jari lingkaran dalam poligon) (lihat Gambar 3.13 b)
·         Membuat polygon berdasarkan panjang sisi
ü  Command: polygon(enter)
      Enter number of sides<4>: 6 tentukan banyak sisi yang diinginkan
Specify center of polygon or [Edge]: E (pilih Edge)
      Specify first endpoint of edge: Klik TKl (klik sembarang tempat)
      Specify  second endpoint of edge: @20<0 (tentukan panjang sisi poligon ) (lihat Gambar 3.13c)

3.7. Perintab Ellipse
Sebuah lingkaran yang dipandang pada suatu keimiringan sudut tertentu akan tampak seperti bentuk ellipse. Ellipse mempunyai sumbu panjang (mayor) dan sumbu pendek (minor).
·         Membuat ellipse berdasarkan Center
ü  Command: ellipse (enter)
Specify axis endpoint of ellipse or [Arc/Centcr]: C (enter)
      Specify center of ellipse: tentukan letak pusat ellipse (klik sembarang tempat)
      Specify endpoint of axis: @20<0 (enter)
      Sfecify distance to other axis or [Rotation]: 10 (lihat Gambar 3.15.a)

ü  Command: ellipse (enter)
      Specify axis endpoint ellipse or [Arc/Center]: C (enter)
      Specify center of ellipse: tentukan letak pusat ellipse (klik sembarang tempat)
      Specify endpoint of axis: @2<30 (enter)
      Specify distance to other axis or [Rotation]: 10 (lihat Gambar 3.15.b)
3.8. Linetype
Perintah Linetype digunakan untuk menampilkan jenis-jenis garis. Jenis garis ini dapat digunakan sesuai dengan keperluan kita, misalnya jenis garis putus—putus, garis titik-titik, garis sumbu (center) dan lain-lain.
ü  Command: Linetype (muncul menu Linetype Manager)
Pilih/ klik load (muncul menu load or reload linetypes) kemudian pilih jenis garis yang diinginkan lalu klik oke. Jenis garis yang sudah dipilih dapat dimunculkan dengan mengklik object properties dan bylayer lalu pilih/klik paris yang hendak diaktifkan


3.9. Bhatch
Perintah Bhatch digunakan untuk mengarsir suatu  benda yang terpotong.
ü  Command: Bhatch (muncul kotak dialog Boundry Hatch)
Pilih jenis arsiran (ANSI31) pada Pattern, pilih scale I, Angle not (0), kemudian pilih Pick Points (lalu pilih daerah yang hendak diarsir) Kilk TK I dan TK2, lalu enter dun pilih OK.


3.9. Perintab Osnap
Perintah Osnap alan Object SNAP ialah mrmilih dengan tepat ujung garis, tengah-tengah garis, membuat tegak lurus pada suatu garis, titik perpotongan dua garis dan titik terdekat dari suatu garis. Jika kita akan menyambung suatu garis di ujung garis yang sudah ada, hal ini terasa sulit untuk menjamin ketepatannya. Setelah perintah Osnap dimasukkan, di cursor terbentuk kotak, yang disebut aperture atau cursor box. Dengan cursor box ini kita pilih ujung garis yang akan disambung sehingga ujung garis tadi berada di dalam cursor box. Maka perintah Osnap secara otomatis akan menyambung ke ujung garis yang sudah ada.

·         Option END point  (Gambar 3.1 7a)
END point : menangkap ujung garis atau arc
ü  Command: circle (enter)
      CIRCLE Specify center point for circle or [3p/2p/Ttr (tan tan radius)]: END (enter)
      of Klik TK1
      Specify radius of circle or [Diameter]: 20 (enter)

·         Option INTersection  ( Gambar 3. I 7. B)
INTcrsection menangkap titik pcrpotongan antara dua entity/ obyek.
ü  Command: circle (enter)
      CIRCLE Specify center point for circle or [3p/2p/Ttr (tan tan radius)]: INT (enter) of  Klik TK1
      Specify radius of circle or [Diameter]: 20 (enter)
Gambar 3. 17 Objek dengan option endpoint dan intersection
·         Option PERPENdiculer  (Gambar 3. 18.a)
PERpend: membuat garis tegak lurus satu dengan yang lain.
ü  Command: line(enter)
      Specify first point: Klik TK1
      Specifiy next point or [Undo]: perpen (enter)
      of Klik TK2
·         Option MID point  (Gambar 3. 5. b)
      MIDpoint : menempatkan di tengah-tengah suatu garis atau husur
ü  Command: circle (enter)
      Specify center point for circle or [3p/2p/Ttr (tan tan radius)]: mid (enter)
      of Klik TK1
      Specify radius of circle or [Diamcter]: 20 (enter)
·         Option CENter  (Gambar 3. 19.a)
CENter menempatkan di pusat lingkaran atau busur/arc
ü  Command: line (enter)
      Specify first point: Klik TK1
      Specify next point or [undo]: cen (enter)
      of Klik TK2
Gambar 3. 9 Objek dengan opt n center dan quadrant
·         Option QUAdrant  (Gambar 3. I
QUAdrant memilih salah satu dari quadrant lingkaran yang terdekat dengan cross-hairs.  
ü  Command: line (enter)
      Specify first point: Klik TK1
      Specify next point or (Undo] : qua (enter)
      of KIik TK2
ü  Command: line (enter)
      Specify first point: Klik TKl
      Specify next point or [Undo]: qua (enter)
      of Klik TK3


·          Option TANgent  (Gambar 3.20)
       TANgent : membuat objek bersinggungan dengan lingkaran atau arc
ü  Command: line (enter)
      Specify first point: Klik TK1
      Specify next point or [undo]: tan (enter)
      of KIik TK2
ü  Command: line (enter)
      Line Specify first point: Klik TK1
      Specify next point or [Undo]: tan (enter)
      of Klik TK3 (lihat Gambar 3.20)


 










ü  Command: line (enter)
      Specify first point: tan (enter)
      of Klik TK1
      Specify next point or Undo: tan (enter)
      of Klik TK2
ü  Command: line (enter)
      Specify first point: tan (enter)
      of Klik TK3
      Specif next point or [Undo]: tan (enter)
      of Klik TK4 (lihat Gambar 3.21)

BAB 4
PERINTAH PERINTAH MENGEDIT OB.JEK

Banyak perintah untuk mengedit yang diberikan oleh AutoCAD. Perintah mengedit diperlukan bila kita akan mengadakan perubahan-perubahan jada suatu gambar atau objek.

4.1. Eraser
Perintah erase digunakan untuk menghapus sebagian atau seluruh objek gambar yang diinginkan.
ü  Command: erase (enter)
      Select objects: Klik TK1
      Select objects: Klik TK2
      Select objects : (enter) (lihat Gambar 4.1)
4.2. Move
Perintah Move digunakan untuk memindahkan atau menggcser obyek dari satu posisi ke posisi yang diinginkan dengan cara memilih obyek yang hendak dipindahkan
ü  Command: move
      Select objects: Klik TK1
Select objects: enter (jika pemilihan sudah selesai)
      Specify Base point or displacement: Klik TK1
      Specify Second point of displacecement or <use first point as displacement> : Klik TK2  (lihat Gambar 4.2.a)
memindahkan obyek sejauh 40 satuan ke arah kanan (sudut nol ) (lihat Gambar 4.2 b)
ü  Command: move
      Select objects: Klik TK1
      Select objects : enter ( jika pemilihan sudah selesai)
      Specify Base point or displacement: 0,0
      Specify Second point of displacement or <use first point as displacement> : @40<0 (Ii hat Gambar 4.2.b)

4.3. Copy
Perintah copy digunakan untuk memperbanyak obyek atau entity dan dapat ditempatkan dimana saja yang diinginkan,
ü  Command: copy
      Select objects:Klik TK1( pilih obyek yang ingin dicopy)
      Select objects: enter (jika pcmilihan sudah selesai)
      Specify base point or displacement, or [Multiple]: Klik TK1 (tentukan titik awal perpindahan)
      Specify Second point of displacement or <use first point as displacement> Klik TK2 (tentukan tempat meletakkan hasil copy) (lihat Gambar 4.3a)
Gambar 4 3. a. Perintah Copy
Memperbanyak objek sejauh 40 ke arah kanan (sudut nol) (lihat Gambar 4.3.b)
ü  Command: copy
      Select objects: Klik TKe( pilih obyek yang ingin dicopy)
      Select objects: enter (jika pemilihan sudah selesai)
      Specify base point or displacement, or [Multiple]: 0,0 (tentukan titik awal perpindahan)
      Specify Second point of displacement or <use first point as displacement>: @40<0 (Tentukan tempat melekakkan hasil copy) (lihat Gambar 4.3.a)
4.4. Trim
Perintah trim digunakan unluk memotong hagian dan suatu garis, busur atau lingkaran. Bagian yang dipotong harus dibatasi oleh suatu pertemuan atau perpotongan dengan garis, husur-atau lingkaran lainnya
ü  Command: Trim
      Select cutting edge(s) ….
      Select objects: Klik TK I (pilih batas-batas pemotongan)
      Select objects: enter ( bila pemilihan selesai)

      Select objects to trim (Project/Edge/Undo]: Klik TK2 (pilih bagian yang dipotong)
      Select objects: KIik TK3
      Select objects: enter (jika pemilihan sudah selesai) (lihiat Gambar 4.4.a)
      Command: Trim
      Select cutting edge(s) ….
      Select objects: Klik TKI (pilih batas-batas pemotongan)
      Select objects: Klik TK2 (pilih batas-batas pemotongan)
      Select objects: enter ( bila pemilihan selesai)
      Select objects to trim [Project/Edge/Undo]: KIik TK3 (pilih bagian yang dipotong)
      Select obiects: KIik TK4
      Select objects: enter ( jika pemilihan sudah selesai) (lihat Gaimbar 4.4.b)

4.5. Extend
Pcrtntah Extend digunakan untuk memperpanjang garis, atau busur sampai pada batas yang ditentukan dan batas-batas ini dapat berupa guris, busur atau lingkaran: Perintab Extend  tidak bekerja pada lingkaran.
ü  Command: Extend
      Current Setting: projection=UCS Edge=None
      Select boundry cutting edge(s) ….
      Select objects: KIik TK1(pilih batas-batas perpanjangan)
      Select objects: enter (bila pemilihan selesai)
      Select objects to extend [Project/Edgc/Undo]: KIik TK2(pilih bagian yang diperpanjang)
      Select objects: enter ( jika pemilihan sudah selesai) (lihat Gambar 4.5)
4.6. Mirror
Perintah Mirror digunakan untuk mencerminkan obyek yang mana jarak benda ke cermin sama dengan  jarak bayangan ke cermin tetapi bentuknya berlawanan.


ü  Command: mirror
      Select objects :W
      Specify first corner: Klik TK1
      Specify Opposite corner: KIik TK2
      Select objects: enter (jika pemilihan selesai)
      Specify first point of mirror line: Klik TK3 ( pilih titik pertama sebagai cermin)
      Specify second point of mirror line: KIik TK4 (pilih titik kedua sebagai cermin)
      Delete source objects?[Yes/Noj <N>: enter (lihat Gambar 4.6)
4.7. Rotate
Perintah rotate digunakan untuk mengubah orientasi atau mernutar obyek atau gambar berdasarkan titik putar/ base point yang dipilih.
Gambar 4 7 Pcrintah Rotate
ü  Command: Rotate
      Select objects: W
      Specify firs corner: Klik TKI
      Specify Opposite corner: KIik TK2
      Select objects: enter (jika pemilihan selesai)
      Specity base point: Klik TK3 (pilih titik pusat perputaran)
      Specify rotation angle or [Relerence]: 30 (pilih sudut perputaran) (lihat Gambar 4.7)
4.8. Scale
Perintah scale digunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek secara proporsional dalam lain arah X dan Y.
ü  Command: scale

      Select objects :W
      Specify first corner: Klik TK1
      Specify Opposite corner: Klik TK2
      Select objects: enter (jika pemilihan selesai)
      Specify base point: Klik TK3 (piilh titik acuah perbesran/perkecilan)
      Spccify scale factor or [Reference]: 0.75 (pilih skala) (lihat Gambar 4.8)
4.9. Fillet
Perintah Fillet digunakan untuk membuat kelengkungan dari pertemuan dua garis, irc atau circle.
Menggambar objek seperti Gambar4.9. dengan jari-jari 5 dan 10
ü  Command: Fillet
      Current Setting: Mode= TRIM, Radius 10.0000
      Select first ofject or [Polyline/Radius/Trim]: R
      Specify fillet radius<l 0.0000>: 5
ü  Command: Fillet
      Current Setting: Mode =TRIM, Radius 5.0000
      Select first object or [Polline/Radius/Trim]:Klik TK1
      Select second object:Klik TK2
ü  Command: Fillet
Curren Setting: Mode=TRIM, Radius = 5.0000
Select first object or [Polyline/Radius/Trim]: R
Specify fillet radius <5.0000>: 10
ü  Command: Fillet
Current Setting: Mode = TRIM, Radius = 10.0000
Select first object or [Polyline/Radius/Trim]: Klik TK3
Select second object: Klik TK4 (lihat Gambar 4.9.b)
4.10. Chamfer
Perintah Chamfer  digunakan untuk membuat persegi dari pertemuan dua garis. arc atau circle.
Menggamber objeck seperti gambar 4.10 dengan option distance
ü  Command: Chamfer
(Trim mode) Currunt chamfer Dist 1= 10.0000, Dist 2 = 10.0000
      Select first line or [Polyline/Distance/AngIe/Rrim/Method] :D
      Specify first chamfer distance < I0.0000>: 9
      Specify second chamfer distance <10.0000>: 12
ü  Command:Chamfer
      ( Trim mode) Current chamfer Dist 1= 9.0000, Dist2 = 12.0000
Select first line or [Polyline/Distance/AngIe/Trim/Method]:KIik TK1
      Select second line: Klik TK2 (lihat Gambar 4.I0)
ü  Command: Chamfer
(Trim mode) Current chamfer Dist 1 = 9.0000, Dist 2 = 12.0000
      Select first line or [Polyline/Distance/Angle/Trim/Method]; D
      Specify first chamfir distance <10.0000 >: 8
      Specify second chamfer distance <10.0000>: 10
ü  Command: Chamfer
      (Trim mode) Current chamfer Dist 1= 8.0000, Dist 2=12.0000
      Select first line or [Polyline/Distance/Angle1/Trim/Method]:Klik TK3
      Select Second line. Klik TK4 (lihat Gambar 4.10)

4.11. Break
Perintah Break digunakan untuk memotong entity di tempat tertentu yang telah dibatasi
ü  Command: Break
Select object Klikt TK1 (pilih titik awal pemotongan obyek yang diinginkan)
Specify secong break point or [First Point]: Klik TK2 (Tentukan batas pemotongan kedua)





4.12. Offset
Perintah Offset digunakan untuk membuat garis atau bidang yang sejajar dengan obyek yang pertama dan letaknya dapat ditentukan.
ü  Command: Offset
      Specify offset distance or [Through]< 1 .0000>:5 (tentukan jarak)
      Select object to offset or <exit>: Klik TK1 (pilih obyek yang hendak di-offset)
      Specify point on side to offset: Klik TK2 (pemilihan di dalam objek)
      Select object to offset or <exit>: entcr ( jika pemilihan telah selesai)
ü  Command: Offset
      Specify offset distance or [Throug]< 1.0000>: 5 (tentukan jarak)
      Select object to offset or <exit>: KIik TK1 (pilih obyek yang hendak di-offset)
      Specify pont on side to offset :Klik TK3 (pemilihan di luar objek)
      Select object to offset or <exit> : enter ( jika pemilihan telah selesai) (lihat Gambar 4.12)

4.13. Arrays
Perintah array digunakan untuk membuat obyck dalam jumlah yang banyak, baik dalam bentuk baris dan kolom (rectangular) maupun dalam bentuk perputaran (polar).
a.      Merperbanyak obyek dengan option rectangular (dalam arah baris dan colom)
ü   Command: array
      Select objecs: KIik TK1 (pilih obyek yang akan diperbanyak)
      Enter the type of array  [Rectangular/Polar<R>: R (memperbanyak entity dalam arah kolom dan baris)
      Enter the number of rows (---) <I> : 4 (tentukan banyak objek dalam arah baris)
Enter the number of Colums (Ill)( I): 3 (tentukan banyak objek dalam arah kolom)
      Enter the distance between rows or specify  unit cell (---): 12 (tentukan jarak antar baris)
      Specify the distance between colums (III): 15 (tentukan jarak antar kolom )(lihat Gambar 4.13a)


b.      Merperbanyak obyek dengan option polar  (dalam arah melingkar)
ü  Command: array
Select  obtecs: Klik TK1 (pilih obyek yang akan diperbanyak)
      Enter the type of array [Rectangutar/PoIar]<R>:P (memperbanyak obyek arah melingkar)
      Specify  center point of array: KIik TK2 (tentukan pusat perputaran Objek)
      Enter the number of items III the array: 8 (tentukan jumlah objek yang dinginkan)
      Specify  the angle to fill (+=ccw,-+ccw)< 360>: enter (tentukan besar sudut perputaran)
      Rotate arrayed objects? [Yes/No]: enter (lihat Gambar 4.13 b)

4.14. Insert
Perintah Insert digunakan untuk memindahkan suatu gambar yang disimpan di file lain ke file yang sedang bekerja/aktif.
ü  Command: insert (muncul kotak dialog insert)
      Pilih/klik browse untuk memilih nama file yang akan dipindahkan ke file yang sedang aktif
      Specify insertion point or [Scale/X/Y/Z/Rotate/PScale/PC/PY/PZ/Protate]: Klik  sembarang tempat (tentukan tempat titik perpindahan), lalu zoom-all untuk melihat hasilnya.

BAB5
PERINTAH TEXT DAN DIMENSI

5.1. Memberi Text dan Dtext pada Gambar
Pada umumnya suatu gambar di lengkapi dengan catatan atau keterangan yang dinyatakan dalam bentuk tulisan atau text. Perintah Text digunakan untuk membuat tulisan pada AutoCAD  yang mana semua huruf/kalimat/teks diketik lewat command line terlebih dulu, kcmudian (enter), maka semua teks yang diketik tadi tampil di layar, di tempat yang telah dipilih sebelumnya.
ü  Command: text
Current text style : “standard”text high: 3.0000
      Specify start point of text [Justify/Style]: Klik TK1 (pilih titik awal untuk kalimat)
      Specify rotation angle of Text <0>: enter (tentukan sudut perputaran text)
      Text: BELAJAR AUTOCAD ITU TIDAK SUSAH (enter)
      Text: ASAL RA,JIN BERLATIH (enter)
      Text:(enter)
·         Mengatur teks dengan option Justify
ü  Command: text
      Current text style :“standard”tcxt high: 3.0000
      Speedy start point of text [Jusify/Style]: J (pilih justifity)
      Enter an option [Align/Fit/Center/Middle/Right/TL/TC/TR/ML/MC/BL/BC/BR]: F (Fit=membuat teks di tengah daerah yang dibatasi dua titik) (pilih opton yang diinginkan)
      Specify first endpoint of text baseline: Klik TK1
      Specifu second endpoint of text baseline: Klik TK2
·         Perintah style untuk membentuk huruf
Perintah style digunakan untuk membuat dan mengubah jenis huruf (font name). tinggi hurut
(height) lebar huruf(weidth factor) dan dapat disimpan di style name.
ü  Command: Style (muncul kotak dialog text style, pilih jenis dan tinggi huruf yang diinginkan)

5.2 Memberi Dimensi pada Gambar
Memberi dimensi pada sebuah gambar perencanaan biasanya merupakan tahap akhir dari suatu proses perencanaan. Dimensi yang diberikan antara lain untuk arah panjang, lebar, tinggi, radius, diameter, sudut dan lain-lain. AutoCAD juga menyediakan banyak option untuk penampilan dimensi sebuah gambar deugan mengatur variabelnya yang disebut Dimvars.
AutoCAD memberi lima bentuk dasar utama untuk membuat dimensi , yaitu dalam bentuk
-          Memanjang (linear)           -     Sudut (angular)             -     Diameter
-          Radius                               -     Ordinat
Beberapa istilah yang dipakai untuk memberi dimensi, sebagai berikut:
5.2.1. Dimensi Linear
Pada umumnya pemberian dimensi untuk suatu jarak dalam arah memanjang, lebar, atau tinggi, baik secara horizontal (datar) atau vertikal (tegak ) maupun pada bidang miring, semua ini tergolong pemberian dimensi dalam bentuk linear.
·         Option Horizontal (mernbuat dimensi datar/ vertikal)
ü  Command: dim
      Dim: hor
      Specify first extension line origin or <select object.>: Klik TK1
      Specify second extension line origin: Klik TK2
      Specify dimension line location or (Mtext/Text/Angle): tentukan tempat peletakkan dimensi dengan menggunakan mouse.
      Enter dimension text <20.00> : enter (lihat gambar 5.4)
      Dim: exit


·         Option Aligned (membuat dimensi miring)
ü  Command: dim
      Dim: Ali
      Specify first extension line origin or <select object>: Klik TK1
      Specify second extension line origin: Klik TK2
      Specify dimension line location or (Mtext/Text/Angle): tentukan tempat peletakkan dimensi
      Enter dimension text <36.00>: enter (lihat Gambar 5.5)
      Dim: exit

5.2.2. Dimensi Variabel
Dimensi variabel digunakan untuk mengatur dimensi variabelnya. Nama-nama dimensi variabel diawali dengan “Dim”, kemudian disambung dengan kode singkatan dari nama variabelnya.
·         Dimgap
      Dimgap digunakan untuk mengatur kerenggangan antara dimension line dan dimension text. Nilai defalutnya 0.6250
ü  Command: dimgap
      Enter new value for DIMGAP <0.6250>: 1 ( tentukan kerenggangan text dengan garis dimensi yang diinginkan)
      Dim: exit
·         DIMension Arrowhead SiZe (Dimasz)
      Dimasz digunakan untuk mengatur ukuran anak panah dan nilai defaultnya 0. 1800
ü  Command: dimasz
      Enter new value for DIMASZ <0.1800> : 3 (tentukan ukuran panah yang diinginkan)
      Dim: exit
·         DIMension Extension line Extension (Dimexe)
      Dimexe digunakan untuk melebihkan extension line sedikit lebih panjang dari pada letak dimension line dan nilai defaultnya 0. 1800.
ü  Command: dimexe
      Enter new value for DIMEXE <0.1800> : 2 (tentukan kelebihan yang diinginkan)
      Dim: exit

·         DIMension Extension Offset (Dimexo)
      Dimexo digunakan untuk mengatur kerenggangan extension line terhadap obyck. Nilai defaultnya 0,0625.
ü  Command: dimexo
      Enter new value for DIMEXO <0.0625> 1 (tentukan kerenggangan yang dinginkan)
      Dim: exit
·         DIMension Text Above Dimension line (Dimtad)
      Dimtad digunakan untuk mengatur letak text, apakah berada segaris dengan dimension line atau terletak di atas dimension line. Defaultnya dalam keadaan Off atau <0>, berarti text segaris dengan dimension line. Dan kalau dipilih On, text berada di atas dimension line.
ü  Command: dimtad
      Enter new value for DIMTAD <1> :1( tentukan pilihan 1 atau 0)
      Dim: exit
·         DIMension Text Inside Horizontal (Dimtih)
      Dimtih digunakan untuk mengatur orientasi dari tcxt untuk dimensi dalam arah vertikal.
      Default dari Dimtih dalam keadaan On, berarti text diletakkan datar. Kalau dipilih off, text diletakkan tegak.
ü  Command: dimtih
      Enter new value for DIMTIH <OFF>:  OFF (tentukan pilihan ON atau OFF)
      Dim: exit

·         DIMension Text Outside Horizontal (Dimtoh)
      Dimtoh digunakan unluk mengatur orientasi teks, jadi jika tempatnya sempit maka secara otomatis AutoCAD meletakkan dimension line, anak panah dan text berada di sebelah luar dari extension line. Defaultnya dalam keadaan on, berarti text diletakkan secara horizontal dan jika 0ff text diletakkan secara vertikal.
ü  Command: dimtoh
Enter new value for DIMTOH <OFF>: OFF (tentukan pilihan ON atau OFF)
Dim: exit
·         DIMension Text Outside, Force Line inside (Dimtofl)   
      Dimtofl digunakan untuk mengatur penampilan dimension line. Apabila dalam keadaan On,maka dimension line digambar di antara kedua extension line.
ü  Command: dimtofl
      Enter new value for DIMTOFL <ON>: ON ( tentukan pilihan ON atau OFF)
      Dim: exit
·         DIMension Text Iside eXtension lines (Dimtix)
      Dimtix digunakan untuk mengatur letak dimension text. Jika dalam kcadaan On, dimension text akan di letakkan di tengah-tengah (sebelah dalam ) antara extension line. Jika dalam keadaan Off letak dimension text bervariasi tergantung dari bentuk dimensinya
ü  Command: dimtix
      Enter new value for DIMTIX  <OFF> : OFF (tentukan pilihan OFF atau ON)
      Dim: exit

5.2.3. Dimensi Sudut (Angular)
Membuat sudut berarti mengukur sudut yang terjadi antara dua garis yang tidak sejajar,
ü  Command: dim
      Dim: Ang
      Select arc, circle, line, or <specify vertex>: Klik TK1
      Select second line: Klik TK2 (lihat Gambar 5.9.a)Specify dimension arc line location or [Mtext/Text/Angle]: tentukan letak text
ü  Command: dim
Dim: Ang
      Select arc, circle, line, or <specily vertex->: Klik TK1
      Specfy dimension arc line location or [Mtext/Text/Angle]: tentukan letak text (lihat Gambar 5.9b)

5.2.4. Dimensi Radius dan Diameter
Dimensi radius dan diameter digunakan untuk memberi ukuran jari-jari dari diameter suatu busur atau lingkaran. Meletakkan dimension line dari dimension text dan radius/diameter dipengaruhi oleh variabel-variabel DIMTIX dan DIMTOFL.
·          Dimensi Padius
ü  Command: dim
      Dim: radius
      Select arc or circle: (pilih busur atau lingkaran yang diinginkan)
ü  Dimensi Diameter
ü  Command: dim
Dim: Diameter
      Select arc or circle: (pilih busur atau lingkaran yang diinginkan)

5.2.5. Dimensi Ordinate
Membuat bentuk dimensi ordinate lewat perintah Dim, kemudian ketik Ordinate pada Dim prompt. Bentuk dimensi ini tanpa menggunakan anak panah, AutoCAD langsung menempakan extension line dan dimension text. Dimensi ordinate berorientasi pada satu titik, yaitu titik origin UCS (User Coordinate System). Semua jarak diukur terhadap titik origin UCS, baik dalam arah X maupun arah Y.
Membuat titik origin UCS digunakan perintah UCS sebagai herikut:
ü  Command: UCS
Enter an option [New/ Move/orthoGrafic/Prev/RestoreSave/Del/Apply/?/World] <world>: M
      Specify new origin point or [Zdepth]<0000,0000>: Klik TK1
ü  Command: dim
Dim: Ordinate
      Specify feature location : (pilih titik yang akan diberi dimensi)
      Specify leader endpoint or [Xdatum/Ydatum/Mtext/Text/AngIe]: (pilih suatu tempat ke atas/bawah gambar sebagai X datum)
      Enter dimension text <15>: enter
      Dim: ordinate
      Specify feature location : (pilih titik yang akan diberi dirnensi)
      Specify leader endpoint or [Xdaturn/Ydatum/Mtext/Text/Angle]: (pilih suatu tempat ke samping kiri/kanan gambar sebagai Y datum)
      Enter dimension text <10>: enter







MEMBUAT OBYEK 3D SOLID

A. Menggambar Obyek 3D Solid
1. Box
Perintah box digunakan untuk membuat kubus dan balok yang ditentukan panjang, lebar dan
tingginya.
Command: box
Specify corner of box or [Center] <0,0,0>: Klik sembarang tempat
Specify corner or [Cube/Length]: @30,20,10
Keterangan: panjang =30, lebar =20, tinggi =10. (lihat Gambar 1)

2. Sphere
Perintah sphere digunakan untuk membuat obyck dalam bentuk bola. Kita hanya menentukan
titik pusat dan jari—jari/ diameternya.
Command: sphere
Current wire frame density: ISOLINES=4
Specify center of sphere <0,0,0>:  KIik sembarang tempat
Specify radius of sphere or [Diameter]: 10 (lihat Gambar 2)


3. Cone
Perintah cone digunakan untuk membuat kerucut dengan menentukan radius dan tinggi kerucut.
Command: cone
Current wire frame density: ISOLINES= 4


Specify center point or base of cone or[Elliptical] <0,0,0>: KIik sembarang tempat
Specify radius for base of cone or [Diameter]: 15
Specify height of cone or [Apex]: 25 (lihat Gambar 3)


4. Cylinder
Perintah cylinder digunakan untuk membuat silinder dengan menentukan radius,diameter dan
tingginya.
Command: cylinder
Current wire frame density: ISOLINES=4
Specify center point for base of cylinder or [Eliptical] <0,0,0>: Klik sembarang tempat
Specify radius for base of cylinder or [Diameter]: 9
Specify height of cylinder or [Center of other end]: I5 (lihat Gambar 4)

5. Torus
Perintah torus digunakan untuk membuat bentuk cincin 3D dengan menentukan titik pusat radius/diameter cincin. dan radius/diameter pipa cincin.
Command: torus
Current wire frame density: ISOLINES=4
Specify center of torus <0,0,0>: Klik sembarang tempat
Specify radius of tours or [Diameter]: 10
Specify radius of tube or [Diameter]: 3 (lihatn Gambar 5)

6.   Wedge
Perintah wedge digunakan untuk membuat obyek baji yang ditentukan panjang, lebar dan
Tingginya.
Command: wedge
Specify corner of wedge or [Center] <0,0,0>: Klik sembarang tempat
Specify corner or [Cube/Length: @ 30,20,10
Keterangan: Panjang=30, lebar=20, tinggi=10. (lihat Gambar 6)

B. Perintah Revolve
Perintah revolve digunakan untuk memutar obyek 2 dimensi yang telah di-jom-kan dan membentuk polygon tertutup sehingga berbentuk obyek 3 dimensi solid.


Command: revolve
Current wire frame density : ISOLINES = 4
Select objects: Klik kurva
Select objects: enter
Specify start point for axis of revolution or difine axis by [Obyek/X(axis)/Y(axis): end
of Klik TK1


Specify endopoint of axis: end
Of Klik TK2
Specify angle of revolution <360>: enter

C.  Extrude
Perintah extrude digunakan untuk meningkatkan obyek 2 dimensi yang sudah di-join-kan sehingga membentuk obyek 3 dimensi solit
Command: extrude
Current wire frame density: ISOLINES = 4
Select objects: Klik obyek
Select objects: enter
Specify height of extrusion or [Path]: 10, dan seterusnya
Specify angle of taper for extrusion <0>: enter




Command: extrude
Current wire frame density: ISOLINES = 4
Select objects: Klik kedua lingkaran
Select objects: enter
Specify height of extrusion or [Path]: P
Specify extrusion path : Klik garis kurva.

D. Facetres
Perintah facetres digunakan untuk memperhalis tampilan permukaan obyek 3 dimensi solid. Nilai facetres adalah 0.01 sampai 10, semakin tinggi nilainya maka semakin halus tampilan obyeknya.
Command: facetres
Enter new value for FACETRES <0.50000>: 6


E.  Perintah Subtract
Perintah subtract digunakan untuk memotong obyek agar sesuai dengan yang kita inginkan.
Pada perintah subtract ini, ada obyek yang hendak dipotong dan ada alat potongnya.
Command: Subtract
Select solids and regions to subtract from
Select object: KIik TK1 (obyek yang dipotong)
Select object: enter
Select solids and regions to subtract
Select object: Klik TK2 (alat potong)
Select object: enter (lihat Gambar 11)


F.   Perintah Slice
Perinrah slice digunakan untuk memotong tanpa menggunakan obyek peomotong dan jenis pemotongan obyek menyeluruh.
Command: Slice
Select object: KIik TK1 (pilih obyek yang hendak dipotong)
Select object: enter
Specify first point on slicing plane by [Obyek/Zaxis/View/XY/YZ/ZX/3points]<3points>: endp
of KIik TK1
Specify Second point on plane: endp
of Klik TK2
Specify third point on plane: endp
of Klik TK3
Specify a point on desired side of the plane or [keep Both sides]: endp

of klik TK4 (lihat Gambar 12)
Sebelumnva buat sebuah lingkaran kecil yang letaknva di sudut kotak lalu pular terhadap sumbu-x sebesar 60, lalu ikuti langkah berikut.
Command: Slice
Select object: Klik TK1 (pilih obyek yang hendak dipotong)
Select object: enter
Specify first point on slicing plane by [Obyek/Zaxis/View/XY/YZ/ZX/3 points]<3points>: 0
Select a circle, ellips, arc, 2D-spline, or 2D-polyline: Klik TK2
Specify a point on desired side of the plane or [keep Both sides]: endp
of klik TK3 (lihat Gambar 13)



G.  Perintah Intersection
Perintah Intersect digunakan untuk membuat irisan dan obyek yang saling berpotongan Command: Intersect
Select object : Klik TK1
Select object: Klik TK2
Select object enter (lihat Gambar 14)

H. Perintah Union
Perintah union digunakan untuk menggabung dua obyek atau lebih agar menjadi satu obyek.
Command: Union
Select object: Klik TK1
Select object: Klik TK2
Select object: enter (lihat Gambar 15)


I. Perintah Mirror3d
Perintah mirror 3d digunakan untuk mencerminkan obyck sehingga mcnghasilkan bayangan yang bentuknya sama dengan obyek.
a.   Pencerminan terhadap bidang ZX
Command: Mirror3d
Select object: Klik TK1
Select object: (enter)
Specify first point or mirror plane (3 points) or [Object/Last/Zaxis/View/XY/YZ/ZX/3 points] <3points>: zx
Specify point on ZX plane <0,0,0>: end
Delete source objects?[Yes/No] <N>: enter (lihat Gambar 16)



b.   Pencerminan terhadap bidang ZY
Command: Mirror3d
Select object: Klik TK1
Select object: (enter)
Specify first point or mirror plane (3 points) or [Object/Last/Zaxis/View/XY/YZ/ZX/3points] <3points>:zy
Specify point on ZY plane <0,0,0>: end
of klik TK2
Delete source objects? [Yes/ No] <N> : enter (lihat Gambar 16)
c.   Pencerminan terhadap bidang XY
Command: Mirror3d
Select object: Klik TK1
Select object: (enter)
Specify first point or mirror plane (3 points) or [Object/Last/Zaxis/View/XY/YZ/ZX/3 points] <3points>: xy
Specify point on ZY plane <0,0,0>: end
of klik TK2
Delete source objects? [Yes/No] <N> : enter (lihat Gambar 16b)

J.   Perintah Move
Perintah move digunakan untuk memindahkan obyek ke tempat yang diinginkan, baik dengan menggunakan mouse atau menentukan arah perpindahan.
Command: Move
Select object: Klik TK1( pilih obyek yang hendak dipindahkan)
Select object : enter
Specify base point or displacement: Endp
of Klik TK2
Specify second point of displacement or <use first point as displacement>: Endp
of Klik TK3 (lihat Gambar 17a)
Command: Move
Select object: Klik TK1 ( pilih obyek yang hendak dipindahkan)
Select object: enter
Specify base point or displacement: 0,0,0
Specify second point of displacement or <use first point as displacement>: 20,0,0 (pergeseran kea rah sumbu –x sejauh 20) (lihat gambar 17.b)



K.  Perintah Copy3d
Perintah copy3d digunakan untuk memperbanyak obyek dan ditempat di tempat yang diinginkan, baik dengan  menggunakan mouse atau dengan menentukan jarak penempatan.
Command:Copy3d
Select object: Klik TK1 (pilih obyek yang hendak diperbanyak)
Select object: enter
Specify base point or displacement: Endp
of kIik TK2
Specify second point of displacement or <use first point as displacement> Endp
of Klik TK3 (lihat Gambar 18a)


Command: Copy3D
Select object: Klik TK1 (pilih obyek yang hedak diperbanyak)
Select object: enter
Specify base point or displacement: Endp
Of Klik TK2
Specify second point of displacement or <use first point as displacement>: 20,0,0 (perbanyak ke arah surnbu-x sejauh 20) (lihat Gambar 18b)

I.    Perintah Rotate3d
Perintah rotate3d digunakan untuk memutar obyek dengan sudut putar yang dapat ditentukan
Sendiri. Pemutaran dapat dilakukan terhadap sumbu x, sumbu-y, dan sumbu z.
Command: Rotate3d

Select object: Klik TM (pilih obyek yang hendak diputar)
Select object: enter
Specify first point onaxis or di fine axis by:
[Object/Last/View/Xaxis/Yaxis/Zaxis/2points]: X
Specify point on the Xaxis <0,0,0> endp
of Kilk TK1
Specify rotation angle or <Reference>: 60 (lihat Gambar 18a)


M. Perintah Fillet
Perintah fillet digunakan untuk membuat bentuk radius dan obyek yang digambar dan besarnya dapat ditentukan sesuai keinginan,



Command: Filled
Current settings: Mode = TRIM, Radius = 0.5000
Select first object or [Polyline/Radius?Trim]: KIik TK1
Enter fillet radius <0.5000>: enter
Select an adge or [Chain/radius]: Klik TK2
Select an adge or [Chain/radius]: enter (lihat Gambar 19.a)
Command: Fillet
Current settings. Mode=TRIM, Radius = 0.5000
Select first object or [Polline/Radius?Trim] : Klik TK3
Enter fillet radius <0.5000>: enter
Select an adge or [Chain/radius] : Klik TK4
Select au adge or [Chain/radius] : enter (lihat Gambar I 9.b)

N.  Perintah Chamfer
Perintah chamfer digunakan untuk membuat bentuk chamfer (persegi ) dari obyek yang
digambar dan besarnya dapat ditentukan sesuai keinginan.
Command: Chamfer
(TRIM mode) Current chamfer Dist 1= 0.5000, Dist2 = 0.5000
Select first line or [Polyline/Distance/Angle/trim/Method] : KIik TK1
Base surface selection ....
Enter surface selection option [Next/OK (Current)] <OK>: N
Enter surface selection option [Next/OK (Current)] <OK>: enter
Specify base surface chamfer distance <0.5000>: enter
Specify other surface chamfer distance <0.5000>: enter
Select an adge or [Loop]: Klik TK1
Select an adge or [Loop]: Klik TK2
Select an adge or [Loop]: enter (lihat Gambar 20)
O. Perintah 3DArray
Perintah 3dArray digunakan untuk memperbanyak obyek ke arah baris, kolom  atau melingkar.
a, 3d Array dengan option Rectangular
Buat gambar box ukuran @5,5,5
Command: 3darray
Select objects: Klik TK1
Select objects: (enter)
Enter the type of array [Rectangular/Polar]<R>: R (pilih rectanguler)
Enter the number of rows (--- ): 2 (banyak obyek dalam arag baris)
enter the number of columns ( | | | ): 3 (banyak obyek dalam arah kolom)
Enter the number of  levels ( . . . ): 4 (tingkatan obyek ke arah atas)
Specify  the distance between rows ( - - - ): 10 (jarak obyek dalam arah baris)
Specify the distance between columns ( | | | ): 12 (jarak obyek dalam arah kolom)
Specify the distance between levels ( . . . ): 15 (jarak antara level) (lihat Gambar 21)

b.   3d Array dengan option Polar
Buat gambar silinder radius 3 dan tinggi 5.
Command: 3darray
Select objects: pilih silinder
Select objects: (enter)
Enter the type angerl [Rectangular/Polar] <R> : P
Enter the number of items in the array: 6
Specify the angle to fill (+=ccw, - = cw) <360> : (enter)
Specify arrayed abjects? [Yes/No] <Y>: (enter)
Specify center point of array: end
of Klik TK1
Specify center point of array: end
of Klik TK2 (lihat Gambar 22)












2 komentar:

  1. makasi atas infonya tapi saya mau nanya kenapa gambarnya tidak kebuka mas????

    BalasHapus
  2. Merkur Slots Machines - SEGATIC PLAY - Singapore
    Merkur Slot worrione.com Machines. 5 star rating. https://septcasino.com/review/merit-casino/ The Merkur Casino https://septcasino.com/review/merit-casino/ game was 1xbet login the first to feature video 출장마사지 slots in the entire casino,

    BalasHapus